Jumat, 10 Maret 2017

6 INDIKATOR KEBERHASILAN MENGELOLA KELAS

Para Pembaca sekalian, terutama bagi para guru Indonesia yang HEBAT. ini sedikit 6 Indikator keberhasilan dalam mengelola kelas. sebagai ilmu untuk pembaca dan diri sendiri sebagai penulis. Tulisan ini diambil dari beberapa sumber dan orang-orang yang memiliki pengalaman lama dalam dunia pendidikan. Indikatornya sebagai berikut :

1. Guru mengerti perbedaan antara mengelola kelas dan mendisiplinkan kelas

2. Sebagai guru jika anda pulang ke rumah tidak dalam keadaan yang sangat lelah.

3. Guru mengetahui perbedaan antara prosedur kelas (apa yang guru inginkan terjadi contohnya cara masuk kedalam kelas, mendiamkan siswa, bekerja secara bersamaan dan lain-lain ) dan rutinitas kelas (apa yang siswa lakukan secara otomatis misalnya tata cara masuk kelas, pergi ke toilet dan lain-lain). Ingat prosedur kelas bukan peraturan kelas.

4. Guru melakukan pengelolaan kelas dengan mengorganisir prosedur-prosedur, sebab prosedur mengajarkan siswa akan pentingnya tanggung jawab.

5. Guru tidak mendisiplinkan siswa dengan ancaman-ancaman, dan konsekuensi.(stiker, penghilangan hak siswa dan lain-lain)

6. Guru mengerti bahwa perilaku siswa di kelas disebabkan oleh sesuatu, sedangkan disiplin bisa dipelajari

Ada dua hal yang membedakan antara guru yang berhasil dengan yang tidak.
1. Guru yang kurang berhasil menghabiskan hari-hari pertama di tahun ajaran dengan langsung mengajarkan subyek mata pelajaran kemudian sibuk mendisiplinkan siswa selama setahun penuh.


2. Guru yang efektif menghabiskan dua minggu pertama ditahun ajaran dengan meneguhkan prosedur.


InsyaAllah penulis akan menjabarkanper point  dilain waktu. 

Terimakasih, Salam Guru HEBAT Indonesia

#RidhoHebat

Jumat 10 Maret 2017


3 komentar:

  1. Mhon maaf, ini ngambil dari buku apa ya, penulisnya siapa,tahun tetbitannya juga. Tlong info,penting untuk skripsi

    BalasHapus
  2. Mohon maaf sebelumnya, untuk refrensinya minta tolong dicantumkan kak

    BalasHapus